Apa Yang Disebut Properti Investasi Menurut PSAK 13

2:03 AM Unknown 1 Comments

Properti investasi menurut PSAK 13 bisa Anda jadikan acuan untuk memahami apa itu yang disebut dengan investasi properti. Lantas pertanyaannya adalah kenapa harus menggunakan PSAK 13 untuk dijadikan sebuah rujukannya.

Properti Investasi Menurut PSAK 13


Di dunia ini segala sesuatu pasti ada yang namanya tata tertibnya atau bisa disebut dengan peraturannya. Begitupun juga dalam hal properti, ada peraturan-peraturan yang dirancang khusus untuk membahas terkait masalah semua hal pada properti. Begitun juga dalam melakukan sebuah investasi properti, ada patokan atau peraturan atau pakemnya ketika menjalankan sebuah investasi properti. Dengan adanya hal tersebut diharapkan terjadi kesinambungan antara berbagai pihak yang terlibat didalam maupun diluar investasi properti.

Bisa dikatakan kalau PSAK 13 merupakan kitab sucinya para pelaku properti. Karena disitu sangat lengkap dibahas tentang segala sesuatu yang terkait maslah properti. Begitupun juga terkait masalah apa itu yang namanya properti investasi. Properti investasi menurut PSAK 13 adalah sebuah tanah ataupun bangunan atau bagian-bagian dari sebuah bangunan yang ada pemiliknya namun kepemilikan tersebut melalui sewa pembiayaan dan dipergunakan untuk mendapatkan sebuah income. Tetapi properti tersebut tidak dijadikan atau digunakan dalah hal produksi ataupun penyediaan barang dan jasa atau dipergunakan untuk hal sejenis lainnya. Selain itu juga properti tersebut bukan untuk diperdagangkan sehari-hari. 

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa sama-sama melakukan bisnis dalam hal properti namun kalau menurut PSAK 13 ada yang namanya investasi properti dan ada yang disebut juga dengan bukan investasi properti. Maka dari itu untuk lebih memahamkan lagi mengenai properti investasi menurut PSAK 13 maka akan digolongkan mana yang termasuk properti investasi dan mana yang bukan properti investasi. 

Contoh properti investasi:

  1. Sebuah tanah yang dikuasai dalam jangka waktu lama namun tujuannya untuk sebuah kenaikan nilai atau harga jual.
  2. Sebuah tanah yang dikuasai sekarang ini namun dalam hal pemanfaatannya belum ditentukan
  3. Sebuah bangunan yang kepemilikannya dengan cara melakukan sewa namun bangunan tersebut disewakan lagi kepada pihak lain dengan jalan sewa operasi. 
  4. Sebuah bangunan yang belum dimanfaatkan namun bangunan tersebut sudah siap untuk dipakai oleh pihak lain dengan cara menyewanya dengan jalan sewa operasi. 

Contoh bukan properti investasi:

  1. Sebuah properti yang tujuannya untuk diperdagangkan sehari-hari atau sebuah properti yang sebenarnya masih dalam tahap pembangunana namun tujuan pembangunan properti itu untuk dijual. 
  2. Sebuah properti yang dimanfaatkan sendiri
  3. Sebuah Properti yang disewakan kepada pihak lain namun dengan sistem sewa pembiayaan.

Rumah real estate kini semakin menjamur, bagaimana tentunya sudah sangat jelas bukan apa yang disebut dengan properti investasi, apalagi di atas juga sekaligus di paparkan juga contoh propertinya. Maka tidak ada alsan untuk tidak memahami properti investasi menurut PSAK 13.

1 comment:

  1. Investasi di bidang properti memang susah susah gampang, asal semua dalam jalur yang benar maka semua akan aman. terutama lokasi yang sangat diperhatikan, itu adalah harga mati

    ReplyDelete